Rabu, 23 Januari 2013

Cara Setting Karburator


Cara Setting Karburator




 REVO ABSOLUTE
Hai sahabat blogger di manapun anda berada,artikel saya akan membahas soal setting/stelan karburator sepeda motor yang baik/sesuai selera anda.
Kali ini saya akan membahas tentang penyetelan karburator pada sepeda motor. Cara setting karburator adalah mengatur jumlah campuran udara dan bensin di dalam karburator agar tercipta campuran yang ideal untuk pembakaran di dalam ruang bakar dengan cara mengatur ketinggian jarum skep dan pembukaan saluran udara. Yaitu dengan membuka atau mengendorkan sekrup penyetel udara.
Penyetelan ini bertujuan untuk mendapatkan campuran udara dan bensin yang baik untuk dimasukkan ke dalam ruang bakar dan dibakar agar menghasilkan tenaga yang maksimal. Sebaiknya penyetelan atau setting karburator ini dilakukan setelah karburator dibersihkan terlebih dahulu.

Langkah - langkah penyetelan :
1.      Hidupkan mesin sepeda motor dan biarkan tetap menyala selama 5 sampai 10 menit untuk mendapatkan suhu kerja mesin yang ideal sebelum anda melakukan penyetelan karburator. Hal ini juga bertujuan agar oli dalam mesin sudah mengalir dan melumasi semua komponen mesin terlebih dahulu. 
2.      Putar baut penyetel sekep atau penyetel rpm dengan arah mengencangkan baut penyetel tersebut. Pada saat dilakukan pengencangan baut penyetel tersebut maka putaran mesin akan semakin naik , hal ini ditandai dengan suara mesin yang semakin kencang terdengar. Jangan mengencangkan sampai penuh atau naikkan putaran mesin secukupnya saja. 
3.      kemudian kencangkan baut penyetel udara dengan cara memutar baut penyetel tersebut dengan arah pengencangan. Penyetelan ini akan membuat mesin semakin turun RPM nya karena saluran udara di karburator akan semakin tertutup. Kencangkan baut ini sampai penuh dan perhatikan juga mesin jangan sampai mati . Jika mesin seperti mau mati , maka naikkanlah RPM  mesin sedikit saja dengan cara memutar kembali baut penyetel sekep ke arah pengencangan. Lakukan pengencangan baut penyetel udara ini sampai baut kencang atau saluran udara tertutup penuh.
4.      Langkah selanjutnya adalah memutar baut penyetel udara ini ke arah sebaliknya yaitu ke arah pengendoran baut.. Lakukan ini secara perlahan - lahan sambil mendengarkan suara mesin akan semakin keras , yang menunjukkan putaran mesin naik. Perhatikan suara mesin akan terus naik seiring dengan anda mengendorkan baut penyetel udara tersebut. Tapi setelah rpm mesin naik terus , maka akan ada saat dimana  putaran mesin akan turun kembali , seiring dengan pengendoran baut penyetelan udara tersebut.
5.      Jika anda mau menyetel dengan setelan basah , maka lakukan penyetelan baut udara di saat suara mesin paling kencang . Namun jika Anda mau melakukan penyetelan kering , lakukan sebelum suara mesin mencapai putaran mesin paling keras.
6.      Setelah anda menentukan penyetelan baut penyetelan udara dengan setelan basah atau kering. Maka sekarang Anda harus memutar kembali baut penyetel sekep untuk mendapatkan putaran langsam dari mesin sepeda motor Anda.
Demikian sedikit penjelasan saya tentang bagaimana cara penyetelan karburator sepeda motor semoga bermanfaat untuk anda, terima kasih atas kunjungan anda.

Sumber: http://nyitcorps.blogspot.com/2012/12/cara-setting-karburator.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar