1. susunan
komponen diferensial
Susunan
komponen diferensial
2. Penggantian perapat oli pada kendaraan
a. Lepas
poros propeler dari diferensial.
1) Buatlah
tanda pada kedua flens,
2) Lepas
empat baut dan mur.
b. Lepas flens penyambung
1)
Menggunakan palu dan pahat, longgarkan takikan pada mur.
2)
Menggunakan SST umuk menahan flens, lepas mur. SST 09330-00021.
3)
Menggunakan SST, lepas flens penyambung. SST 09557 -
22022
c. Lepas
perapat oli dan penahan oli
1)
Menggunakan SST, lepas perapat oli dan diferensial carrier
SST 09308
-10010.
2) Lepas
penahan oli
d. Lepas
bantalan depan dan spaser bantalan
1) Menggunakam
SST, lepas bantalan depan dari diferensial carrier. SST 09556 - 22010.
2) Lepas
spaser bantalan. Bila bantalan depan aus atau rusak, gantilah bantalan.
e. Pasang
spaser bantalan baru dan bantalan depan.
1) Pasang
spaser bantalan baru pada pinion penggerak.
2) Pasang
bantalan depan pada pinion penggerak.
f. Pasang
penahan oli dan perapat oli baru
1) Pasang
penahan oli dan hadapkan seperti pada gambar.
2)
Menggunakan SST, pasang perapat oli yang baru seperti
pada gambar.
Kedalaman pemasangan perapat oli 0,1 mm
(0,039 in).
3) Oleskan
gemuk MP pada bibir perapat oli.
g. Pasang
flens penyambung.
1) Pasang
flens penyambung.
2) Oleskan
gemuk MP pada ulir mur yang baru
3)
Menggunakan SST, untuk menahan flens, kencangkan mur.
SST 09330 -
00021. Momen 1.100 kg.cm (80 H - lb, 180 Nm).
h. Stel
beban mula bantalan depan, menggunakan kunci momen,
ukur beban
mula dari backlash antara pinion penggerak dan roda
gigi
ring.
Beban
mula-mula
Bantalan
baru 16 - 22 kg.cm (13,9 - 19,1, in - lb, 1,6 - 2,2 Nm)
Bantalan
lama 8 - 11 kg.cm (6,9 - 9,5 in - lb, 0,8 - 1,1 Nm)
- Bila beban
mula bantalan lebih besar dari spesifikasi spaser bantalan.
- Bila beban
kurang dari spesifikasi, kencangkan kembali sampai dicapai 130 kg.cm (9 H
- lb, 13 Nm). Setiap kali sampai dicapai spesifikasi beban mula.
Bila momen
maksimum terlampaui pada saat pengencangan mur, ganti spaser bantalan dan
ulangi prosedur penyetelannya beban mula, Jangan mengendorkan mur pinion untuk
mengurangi beban mula, Momen maksimum 2.400 kg.cm (17 11 - lb, 235 Nm).
i. Takik mur
pinion penggerak.
j. Pasang
poros propeler.
1) Tepatkan
tanda pada kedua flens dan ikat flens dengan empat baut dan mur
2)
Kencangkan empat baut dan mur. Momen 430 kg.cm (31 ft - Ib, 42 Nm).
k. Periksa
permukaan oli diferensial. Isilah dengan oIi roda gigi hypoid bila diperlukan.
Tingkat oli
: API GL-5, oIi roda gigi hypoid
Viskositas :
SAE 90
Kapasitas 1
1,3 liter (1,4 US qts, 1,1 Imp, qts)
3. Melepas
diferensial
a. Lepas
sumbat penguras dan kuras oli.
b. Lepas
poros aksel belakang.
c. Lepas
poros propeler dari diferensial.
1) Berilah
tanda pada kedua flens.
2) Lepas
empat baut dan mur.
d. Lepas
rakitan diferensial carrier.
Perhatikan:
Hati-hati agar tidak merusak permukaan pemasangan.
4.
Pembongkaran diferensial
Catatan:
Bila timbul suara diferensial, lakukan pemeriksaan awal
berikut,
sebelum pembongkaran untuk menentukan penyebab suara, Bila dferensial mengalami
kerusakan yang parah, bongkar dan perbaiki seperlunya.
a. Periksa
keolangan roda gigi ring. Keolengan maksimum 0,07 mm (0,0028
in). Bila
keolengan lebih besar dari nilai maksimurn, gantilah roda gigi ring.
b. Periksa
backlash roda gigi ring. Backlash 0,13 - 0,18 mm
(0,0051 -
0,0071 in). Bila backlash di luar nilai spesifikasi, stel
beban mulai
bantalan samping atau perbaiki seperlunya.
c. Periksa
perkaitan gigi, antara roda gigi ring dan pinion penggerak.
d. Periksa backlash roda gigi samping. Ukur backlash roda gigi samping sambil menahan salah satu roda gigi pinion terhadap bak diferensial. Backlash standar 0,05 - 0,20 mm (0,0020 - 0,0079 in). Bila backlash di luar nilai spesifikasi, pasanglah cincin dorong yang tepat.
e. Ukur
beban mula pinion penggerak, menggunakan kunci momen,
ukur beban
mula dari backlash antara pinion penggerak dan roda gigi ring. Beban mula 8 -
11 kg.cm (6,9 - 9,5 in - lb, 0,8 - 1,1 Nm).
f. Periksa
beban mula total, menggunakan kunci momen,
beban mula
total. Beban mula total tambahan pada beban mula
pinion
penggcrak. 4 - 8 kg.cm (3,5 - 5,2 in - lb, 0,4 - 0,6 Nm).
g. Lepas
flens penyambung.
1)
Menggunakan palu dan pahat, longgarkan takikan mur
2)
Menggunakan SST untuk menahan flens, lepas mur
09330 -
00021.
3)
Menggunakan SST, lepas flens penyambung. SST 09330 - 00021
h. Lepas
perapat oli dan penahan oli.
1)
Menggunakan SST, lepas perapat oli dari diferensial carrier.
SST 09308 -
10010
2) Lepas
penahan oli.
i. Lepas
bantalan depan dan spaser bantalan.
1)
Menggunakan SST, lepas bantalan depan dari diferensial carrier. SST 09556 -
22010.
2) Lepas
spaser bantalan. Bila bantalan depan rusak atau aus,
ganti
bantalan.
j. Lepas
diferensial dan roda gigi ring.
1) Buatlah
tanda pada tutup bantalan dan diferensial carrier.
2) Lepas dua
pengunci mur penyetel.
3) Lepas
tutup bantalan dan penyetel
4) Lepas
luncuran luar bantalan.
5) Lepas bak
diferensial dan carrier.
Catatan:
Gantungkan tabel pada komponen yang dibongkar untuk menunjukkan lokasi
perakitannya
k. Lepas
pinion penggerak dari diferensial carrier.
5.
Pemeriksaan dan penggantian diferensial
a. Ganti
luncuran bantalan belakang pinion penggerak.
1) Menggunakan SST dan hidrolik pres, lepas bantalan belakang dari pinion penggerak. SST 099950 - 00020.
Catatan:
Bila rnengganti pinion penggerak, ganti pula roda gigi ring bersama-sama.
2) Pasang
cincin pada pinion penggerak dingin dengan ujung yang tirus menghadap roda gigi
pinion.
3)
Menggunakan SST dean hidrolik pres, pasang cincin lama dan belakang pada pinion
penggerak. SST 09506 - 30012.
Ganti luncuran luar bantalan depan dan belakang pinion penggerak.
1)
Menggunakan palu dan batang kuningan, lepas luncuran luar bantalan.
2)
Menggunakan SST, pasang luncuran luar yang baru.
SST depan
:09608 - 350l4 (09608 - 06020, 09608 - 06110 in)
SST belakang
: 09608 - 35014 (09608 - 060020, 09608 - 06120 in)
c. Lepas
bantalan samping dari bak diferensial, menggunakan SST
lepas
bantalan samping dari bak diferensial. SST 09950 - 20017
d. Lepas
roda gigi ring.
1} Lepas
baut pengikat roda gigi ring dan plat pengunci.
2) Buatlah
tanda pada roda gigi ringg dan bak diferensial
3)
Menggunakan palu plastik atau tembaga, pukul roda gigi ring untuk melepaskan
dari diferensial.
e. Bongkar
bak diferensial
1)
Menggunakan palu dan drip, keluarkan pen.
2) Lepas
poros pinion, dua roda gigi pinion dengan cincin dorong
f. Rakit bak
diferensial.
1) Pasang cincin dorong yang tepat dan roda gigi samping.
Mengikuti
petunjuk tabel berikut ini, pilihlah cincin dorong
yang dapat
memberikan backlash spesifikasi. Pilihlah cincin
dengan
ketebalan yang sama untuk kedua sisi. Backlash
standar 0,05
T 0,20 mm (0,0020 - 0,0079 in).
Ketebalan
cincin dorong:
2) Pasang
cincin dorong dan roda gigi samping ke dalam bak
diferensial.
3) Periksa
backlash roda gigi samping. Ukur backlash roda
samping
dengan menahan salah satu gigi pinion terhadap
bak
diferensial. Backlash standar 0,05 - 0,20 mm,
backlash di
luar spesifikasi, pasang cincin dorong
ketebalan
yang berbeda.
4) Pasang
pen.
-
Menggunakan palu dan drip, pasang pen masuk pada
bak
diferensial dan lubang poros pinioon.
- Takik
lubang pada bak diferensial.
g. Pasang
bantalan samping baru.
h.
Menggunakan SST dan hidrolik pres, pasang bantalan samping
baru pada
bak diferensial. SST 09550 - 10012. (09252 - 10010,
09557 -
10010, 09558 - 10010 in).
i.
Pasang roda gigi ring pada bak diferensial
1) Bersihkan permukaan kontak pada bak diferensial.
2) Panaskan roda gigi ring pada 100°C (212°F) di dalam pemanas oli
3) Bersihkan permukaan kontak pada roda gigi ring dengan bahan pembersih.
4) Kemudian segera pasangkan roda gigi ring pada bak diferensial.
5) Tepatkan tanda pada roda gigi ring dan bak diferensial.
Perhatikan :
Jangan memanaskan roda gigi pengikat ring melampaui 100"C (230" F}
6) Oleskan oli roda gigi pada baut pengikat roda gigi ring.
7) Pasang plat pengunci dan baut pengikat. Kencangkan baut
dengan
merata, sedikit demi sedikit. Momen 985 kg.cm (97 Nm).
8) Menggunakan palu dan drip, takik plat pengunci.
Catatan:
Takiklah
salah sam kuku plat, rata dengan permukaan
datar dari
kepala baut. Bagi kuku plat yang bertepatan
dengan
tonjolan kepala bau, takiklah sebagian saja, hanya
pada sisi
pengencangan.
9) Periksa keolengan roda gigi ring.
Keolengan
maksimum 0,07 mm (0,0023 in). Pasang bak diferensial carrier dan kencangkan mur
penyetel ke arah di mana gerak bebas bantalan tidak ada.
By: Otomotif
sumber: http://tholibs.hack4rt.com/2011/08/diferensial-gardan.html